Jadi Menhan Timor Leste, Kader Muhammadiyah Temui Din

Jakarta – Namanya Julio Toma Pinto. Namun siapa nyana, meski nama berbau Portugis, Julio adalah kader Muhammadiyah yang sekarang menjadi Menteri Pertahanan Timor Leste. Siang ini, Julio menemui Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Apa harapan Din Syamsuddin dari pertemuan itu? Din mengharapkan hubungan Indonesia-Timor Leste perlu ditingkatkan, karena bagaimanapun kedua negara pernah satu atap. Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan juga dapat berperan melalui kerjasama People to People maupun kerjasama People to Government.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, saat menerima kunjungan kehormatan Julio Toma Pinto di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Jumat (25/4/2008).

Menurut Din, banyak pimpinan Timor Leste saat ini memiliki latar belakang ke-Indonesiaan. Din mencontohkan Menteri Pertahanan sendiri yang pernah kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang dan aktif sebagai Ketua Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Malang, Jawa Timur.

Menjelaskan maksud kunjungannya ke Indonesia khususnya ke PP Muhammadiyah, Julio mengatakan ingin bernostalgia sebagai mantan aktivis muda Muhammadiyah. Juga untuk saling tukar informasi tentang kedua negara.

“Timor Leste negara sekuler”, kata Julio dalam siaran pers yang diterima redaksi detikcom. Namun negara memberikan perhatian kepada setiap agama untuk membangun sarana pendidikan dan kesehatan tambahnya.

Didampingi Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia, Ovido de Jesus Amaral, Julio juga menyampaikan pesan dari Perdana Menteri Xanana Gusmao, yang berencana mengunjungi Indonesia awal Mei 2008.

Mengakhiri pertemuan, Din berharap agar Perdana Menteri Xanana bisa mampir ke Muhammadiyah saat kunjungannya di Indonesia. (aba/mar)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: