Peran Kader Muda Dioptimalkan

Yogyakarta, Kompas – Peran kader muda dalam persyarikatan Muhammadiyah perlu dioptimalkan. Tidak hanya keterlibatan dalam kepengurusan, tetapi juga akomodasi terhadap gagasan kalangan muda dari berbagai latar belakang pemikiran.

Tuntutan pelibatan kader muda dalam persyarikatan itu salah satunya diungkapkan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Izzul Muslimin di Yogyakarta, Rabu (7/7).

Izzul mengategorikan keterlibatan pemuda dalam dua hal, yakni keterwakilan personal dalam kepengurusan serta keterwakilan dalam gagasan. ”Yang paling penting gagasan-gagasan anak muda bisa diakomodasi. Apa yang menjadi pemikiran generasi muda bisa dijadikan pertimbangan Muhammadiyah dalam mengambil kebijakan,” katanya.

Menurut dia, Muhammadiyah harus mulai terbuka untuk menerima berbagai gagasan dari generasi muda. Apalagi tantangan Muhammadiyah ke depan tergolong berat. Pemikiran pemuda bisa dijadikan masukan untuk memajukan Muhammadiyah.

Selain gagasan, keterlibatan generasi muda dalam kepengurusan juga dinilai penting. Muhammadiyah seharusnya memberi porsi besar bagi pemuda untuk turut dalam kepengurusan di pusat, wilayah maupun daerah. Menurut Izzul, idealnya 60 persen pengurus dari kalangan muda.

Pendapat senada diungkapkan Presidium Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah Pradana Boy. Terpilihnya dua tokoh muda, Abdul Mu’ti dan Agung Danarto, menjadi anggota PP Muhammadiyah merupakan harapan bagi kalangan muda persyarikatan. Muhammadiyah ke depan diharapkan bisa memerhatikan kaum muda dan membuka pintu bagi masuknya berbagai aliran pemikiran yang berbeda. (NTA/MZW)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: