Muhammadiyah Bisa Terombang-ambing

Jakarta, Kompas – Rencana kembalinya Amien Rais untuk memimpin Muhammadiyah dinilai bisa membuat posisi persyarikatan itu terombang-ambing. Sejumlah pihak mengkhawatirkan kemungkinan Muhammadiyah kembali diarahkan ke ranah politik praktis.

”Risiko terlalu besar bagi Muhammadiyah jika Amien Rais kembali ke Muhammadiyah. Muhammadiyah dapat terombang- ambing politik praktis, tergantung dari orientasi politik Amien Rais,” kata Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra di Jakarta, Rabu (10/3).

Menurut Azyumardi, sudah ada preseden Muhammadiyah sebagai kekuatan masyarakat madani diarahkan untuk menjadi sarana bargaining politik. Ia menambahkan, jika Amien Rais kembali ke Muhammadiyah, Muhammadiyah juga dapat dijadikan sarana untuk melakukan bargaining politik sesuai dengan orientasi politik Amien Rais.

Bagi aktivis Jaringan Intelektual Muda Muhammadiyah, Pradana Boy ZTF, tidak elok jika Amien benar-benar kembali memimpin Muhammadiyah. Apabila Amien benar-benar terpilih, berarti Muhammadiyah mengalami kemunduran. Dia menengarai, ada alasan politis yang mengilhami kembalinya Amien.

Mantan Ketua Ikatan Remaja Muhammadiyah Raja Juli Antoni menyarankan agar Amien memikirkan ulang niatnya kembali ke Muhammadiyah. ”Saya kira ini bukan zaman Amien Rais lagi. Bukankah dulu dia sendiri yang memutuskan keluar dari Muhammadiyah karena ’baju Muhammadiyah’ terlalu kekecilan, lalu mendirikan PAN yang ’bajunya’ lebih longgar?” katanya.

Secara terpisah, Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Yahya Muhaimin mengingatkan agar kader Muhammadiyah tidak bersikap diskriminatif.

Menurut dia, Muhammadiyah adalah organisasi egaliter, terbuka, dan adil, yang tidak pernah membatasi siapa pun menjadi pemimpin. Muhammadiyah tak pernah mengenal dikotomi Jawa-luar Jawa, sarjana-nonsarjana, juga tua-muda. Tidak adil jika seseorang dihalang-halangi hanya karena aktif dalam kegiatan politik. (NTA/FER)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: