Inkopsyah BTM Targetkan Pembiayaan Rp 40 M

JAKARTA–Induk Koperasi Syariah Baitul Tamwil Muhammadiyah (Inkopsyah BTM) menargetkan dapat menyalurkan pembiayaan Rp40 miliar di tahun pertamanya. Inkopsyah BTM pun melakukan penjajakan pengajuan dana ke sejumlah lembaga.

Ketua Pengurus Inkopsyah BTM, Akhmad Sakhowi, mengatakan untuk di 2010 pihaknya akan mengajukan dana sebesar Rp20 miliar kepada Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB). Selain itu, tambahnya, Inkopsyah BTM juga memperluas kerjasamanya dengan perbankan syariah. “Kami juga membuka hubungan dengan Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat untuk realisasi komitmen pendanaan,” kata Sakhowi kepada //Republika, Senin (11/1). Dari dua lembaga tersebut, Sakhowi menargetkan dana masing-masing Rp10 miliar. Inkopsyah BTM pun, ujar Sakhowi, membuka kerjasama dengan seluruh perbankan syariah.

Ia menambahkan jumlah BTM dan BMT yang telah bergabung saat ini berjumlah 30 unit yang berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung. Di tahun ini diharapkan BTM dan BMT lainnya dapat bergabung ke Inkopsyah BTM. Pada Maret atau April mendatang, lanjut Sakhowi, Inkopsyah BTM akan mengadakan rapat kerja nasional. Pihaknya pun membidik sekitar 150 BMT dan BTM dalam rakernas tersebut. “Harapannya seluruhnya menjadi anggota sehingga sektor mikro Muhammadiyah bisa terkoordinasi baik, serta memiliki regulasi dan visi yang sama,” papar Sakhowi. Inkopsyah BTM terbentuk di awal Desember 2009 dengan tujuan mensinergikan seluruh sektor yang terdapat di Muhammadiyah, seperti sektor pendidikan, kesehatan dan keuangan mikro.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: