Pemerintah Mungkin 20 September, tetapi Tunggu Sidang Isbat

idf

Menteri Agama M Maftuh Basyuni menghormati keputusan Muhammadiyah yang menetapkan 1 Syawal, awal Idul Fitri tahun ini, pada hari Minggu 20 September 2009.

Maftuh memperkirakan, Idul Fitri juga jatuh pada hari yang sama. Namun, kepastiannya tetap disampaikan pemerintah setelah melakukan sidang isbat, Sabtu (19/9).

”Muhammadiyah memang sudah mengumumkan Lebaran pada 20 September,” ujar Maftuh di Jakarta, Senin kemarin.

Menurut Maftuh, hilal diperkirakan di atas ufuk. Akan tetapi, jika terjadi mendung di sejumlah daerah yang menyebabkan hilal tak terlihat, bisa saja perkiraan ini bergeser.

”Mudah-mudahan tidak ada mendung atau hujan agar Lebaran kita bisa sama-sama. Pemantauan nanti, seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya, juga akan menggunakan peralatan canggih dari Boscha dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia,” ujarnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin akan menjadi imam dan khatib shalat Id di Yogyakarta, Minggu mendatang. PP Muhammadiyah mengeluarkan keputusan tentang 1 Syawal dan 1 Zulhijah pada 23 Juli 2009.

Dalam penetapan berdasarkan sidang hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah di Yogyakarta pada 11 Juni 2009 itu disebutkan, ijtimak menjelang Syawal 1430 H terjadi pada Sabtu (19/9) pukul 01.45 WIB.

Saat itu diperkirakan tinggi hilal saat terbenam matahari mencapai 5,48 derajat atau hilal sudah wujud sehingga 1 Syawal 1430 Hijriah jatuh pada 20 September 2009. Muhammadiyah menetapkan prinsip wujudul hilal dengan berapa persen pun hilal di atas ufuk, bulan sudah dianggap wujud.

Amirsyah Tambunan dari Majelis Ulama Indonesia mengimbau masyarakat yang sudah mengetahui terlebih dahulu bahwa Lebaran tanggal 21 September diminta untuk membangun kesadaran kolektif menunggu sidang isbat. Masyarakat diminta memahami bahwa sesuatu yang awalnya ada perbedaan, setelah isbat bisa saja menemukan kesepakatan. (MAM)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: