Haedar Nashir: Peradaban Utama Harus Berlandaskan Tauhid Sosial

hn

Makassar – Aktualisasi masyarakat Islam yg sebenar-benarnya dan strategi gerakan Muhammadiyah dalam mewujudkan peradaban utama harus berlandaskan tauhid social sebagai tiang pancangnya dengan gerakan pemberdayaan dan keilmuan, demikian ungkap Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada pengajian Ramadhan 1430 H Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi selatan di kampus Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Jl. Sultan Alauddin 259 Makassar, Jum’at (04/09).

Dalam menghadapi problem umat, baik dalam sisi ekonomi, budaya, dan peradaban, Muhammadiyah harus lebih memaksimalkan gerakannya pada akar rumput dan gerakan keilmuan dengan melibatkan semua unsur baik infra struktur Muhammadiyah, seperti perguruan tinggi serta amal usaha sosial lainnya.

Sementara itu Prof. Dr. Hasyim Aidid, MA, yang juga Wakil Ketua NU Sulsel mengungkapkan bahwa implementasi nilai-nilai kehidupan Islami dalam mewujudkan peradaban utama di masyarakat harus di landasi sikap kebersamaan antara Muhammadiyah dan NU dalam pembinaan umat, sehingga berbagai macam problem masyarakat dapat diberikan solusi yang tepat dengan pembinaan dalam Aqidah, Ahlaq, Ibadah dan Muamalah, hal-hal yang terkait dalam peradaban umat Islam dengan berbagai macam pemahaman yang dapat merusak umat islam dapat segera di berikan solusi.

Sedangkan ulama kharismatik Sulsel, KH. Djamaluddin Amin, menandaskan bahwa sudah saatnya umat Islam dan para tokohnya kembali memberikan pembinaan pada umat secara maksimal, sehingga umat yang tadinya kehilangan induk, kembali menemui jati dirinya sebagai kekauatan umat dengan berlandaskan Alquran dan sunnah Rasulullah (Husni/Md).

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: