Thamrin:Kuatkan Basis agar Muhammiyah bisa mengakar

tm

Sosiolog UI Tamrin Tamagola mengingatkan kepada kader-kader muda Muhammadiyah untuk kembali memperkuat basisnya, agar gerakan Muhammadiyah bisa mengakar , bahkan kalau mau terjun ke politik sekalipun. Sosiolog asal Halmahera utara tersebut menyatakan bahwa proyeksi politik ke depan daerah, dengan menguasai daerah, khususnya kota-kota menengah akan menentukan arah Indonesia.

Tamrin pada acara Pengkajian Ramadhan 1430 H, Selasa (1/09/2009) itu menyatakan bahwa kunci masa depan Indonesia ada pada tiga hal menengah, yaitu pada generasi yang berumur menengah, pada kelas ekonomi menengah dan pada kota menengah. “Generasi berumur menengah berarti generasi berumur tidak remaja juga tidak tua” terang Tamrin.  “Kelas ekonomi menengah artinya bukan kelas borjuis karena mereka tidak peduli dengan masyarakat dan juga bukan orang miskin karena mereka tidak sempat memikirkan orang lain” lanjutnya.

Selanjutna Tamrin menerangkan bahwa di Indonesia ini kekuasaan politik harusnya mengakomodasi tiga pilar : Militer, Muslim Perkotaan dan Kalangan Bisnis. Sementara ada kima kekuatan sejarah yang harus diperhatikan Muhammadiyah untuk menguasai masa depan, yaitu Modal, teknologo, kimunniasai informasi, birokrasi dan ideologi.

Politik Ambigu

Menanggapi peta politik dan sosial yang ditawarkan Tamrin, salah seorang peserta dari PWM Bengkulu, Saifullah, menyatakan bahwa tawaran aktifitas politik itu bagi Muhammadiyah tidak masalah. “Namun kita bisa berpolitik non partai” katanya. “Sejarah membuktikan bahwa wilayah Muhammadiyah berada di Masyarakat, tetapi tetap bersentuhan dengan Politik” terang Saifullah. “Kalau dibilang Muhammadiyah Ambigu, memang sejak dahulu pilihannya memang ambigu” lanjutnya.

Selanjutnya Saifullah yang juga penulis buku Gerak Politik Muhammadiyah dalam Masyumi (1997) di dalam Muhammadiyah tidak perlu dibenturkan antara gerakan Kultural dan Politik. “Ketika membuat partai seperti Masyumi, bukan untuk Muhammadiyah sendiri, tapi untuk semua ummat Islam” lanjutnya.

Kelima kekuatan sejarah dalam arus bawah ini, kelimanya tidak berbentuk manusia..Semuanya produk manusia, dan bisa besar dan memperbudak manusia. (arif)

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: